PRA COLLECTING

METODE PEMISAHAN  (Dengan Cara Dibeli)
Dalam pengolahan sampah ini  KONSEP 3R ( REDUCE, REUSE , RECYCLE) adalah meminimalkan laju sampah  yang dibuang,berupa memanfaatkan kembali barang-barang yang mempunyai nilai ekonomi. Plastik, kertas, botol plastic salah satu item yang dapat dimanfaatkan kembali.
Kami mempunyai metode yang dinamakan   warung 3R, dimana barang-barang yang masih mempunyuai nilai ekonomi tersebut dapat ditukarkan dengan barang consumer sehari-hari di warung yang ditunjuk.

Untuk warungnya sendiri adalah warung-warung yang sudah ada, diberikan modal tambahan untuk transaksi 3R., dan diberikan logo “waroeng 3R”. Kemudian setiap minggunya staff 3 R akan mengambil yang telah dikumpulkan oleh warung tadi dengan harga yang telah disepakati.

Manfaat yang dapat diperoleh bahwa masyarakat diberikan insentif dan pengharggaan dalam partisipasinya mengelola lin gkungan. Kemudian hal ini dapat dijadikan prospek usaha daur ulang dalam tingkatan yang lebih besar dan luas. Selain  dapat diterapkan di sector rumah tangga, program ini dapat diterapkan di sekolah, maupun kantor-kantor..
 

 TAHAP UTAMA

CRUHSER vs ALAMI
Tahap awal dalam pengolahan sampah organik adalah memecah-mecah sampah menjadi partikel kecil berukuran 0.5 cm s/d 1 cm. Tugas ini secara alami dilakukan oleh serangga (invertebrata) yang membutuhkan waktu sangat lama.

Dengan mekansasi ( cruhser), maka proses awal tersebut bisa menghemat 1000 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan cara alami. Sehingga kemampuan selanjutnya yang kami sebut tahap II proses dekomposisi menjadi jauh lebih cepat, konsekuensinya adalah lahan yang dibutuhkan dalam hal penimbunan sampah (landfill) menjadi jauh lebih sedikit. Dan yang paling penting adalah biaya dalam proses yang dibantu secara mekanisasi ini menjadi murah dan effisien.

Proses selanjutnya dengan mikroba tidak bisa dihilangkan, karena merupakan proses alami dan mikroba sendiri sudah ada dan disediakan oleh alam. Namun jika waktu percepatan proses menjadi hal yang penting maka disarankan diberikan beberapa starter organik. Baik yang berupa bioenzym, mikroba, fungi dan lain sebagainya dan banyak beberapa merk yang beredar, seperti bioenzym, EM4, biodeck, stardeck dll.
 

 Pengolahan Lanjutan ( Composting dan Recycling)

Maksud pembuatan pengolahan sampah modern adalah untuk membersihkan sampah kota secara ramah lingkungan dan sekaligus sebagai akselerasi kegiatan lainnya seperti produksi kompos dan proses daur ulang. Dalam pengolahan modern atau yang sering disebut ”rapid composting” bahan organik diurai dengan menggunakan mekanisasi dan bakteri aerob.
 

Fungsi mekanisasi adalah menghancurkan bahan-bahan organik asal menjadi partikel yang lebih kecil (0,5-2 cm). Setelah bahan tersebut menjadi serpihan memungkinkan sirkulasi oksigen masuk melalui rongga-rongga dan dengan supply oksigen yang cukup memungkinkan bakteri aerob bekerja dengan cepat. Sehingga bahan organik tersebut bisa menjadi ”tanah” kembali hanya dalam waktu 3 minggu.Sedangkan bahan-bahan lain seperti plastik yang mempunyai nilai ekonomis bisa dimanfaat kembali dengan cara didaur ulang .(sumber solusisampah.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar